[Stereotype or Reality?] Soda Kue Dapat Memutihkan Gigi

Gigi yang putih dapat meningkatkan kepercayaan diri. Untuk memperoleh gigi putih, ada beragam cara yang bisa dilakukan, termasuk menggunakan baking soda atau soda kue. Soda kue adalah bahan pokok dapur umum yang sering digunakan dalam makanan yang dipanggang. Namun, bagi sebagian orang, itu juga menjadi produk perawatan diri, yang digunakan untuk membantu dalam memutihkan gigi.

Soda kue banyak digunakan dalam berbagai produk, termasuk pasta gigi. Baking soda dalam pasta gigi, di antaranya calcium carbonate, anhydrous dicalcium phosphate, dan calcium pyrophosphate. Ini adalah jenis garam yang digiling menjadi bubuk halus. 

Menurut Journal of American Dental Association, soda kue dapat berfungsi sebagai bahan pembersih karena bersifat abrasif, atau cukup kasar untuk membersihkan gigi. Penelitian telah menemukan bahwa soda kue dapat membantu menghilangkan plak yang menumpuk dan mencegah pewarnaan, yang dapat memutihkan gigi Anda.

Andre Ritter, DDS, ketua Departemen Kardiologi dan Perawatan Komprehensif di NYU College of Dentistry, membandingkannya dengan membersihkan meja. Kemampuan untuk membersihkan permukaan apa pun, seperti gigi, adalah hasil dari sifat kimia pembersih Anda dan kekuatan fisik dari menggosoknya dengan benda abrasif.

Namun, Ritter mengatakan bahwa soda kue saja mungkin terlalu abrasif, dan dapat merusak enamel — atau lapisan pelindung — pada gigi. Lama-kelamaan, kondisi ini dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif.

Konsultasikan pula dengan dokter gigi terlebih dahulu sebelum melakukan metode ini, terutama jika kamu memiliki penyakit gusi atau periodontal.

Selain itu, bagi kamu yang sedang melakukan perawatan ortodontik atau menggunakan behel maupun kawat gigi, sebaiknya hindari menyikat gigi dengan baking soda. Hal ini ini dapat memengaruhi proses perawatan ortodontik. Jika ingin memutihkan gigi maka sebaiknya tunggu sampai setelah selesai perawatan dan gunakan bleaching gigi.

Memutihkan gigi dengan baking soda memang aman dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun, jika kamu bertujuan menghilangkan noda yang lebih dalam, penggunaan baking soda untuk gigi tidaklah seefektif itu. 

Referensi

  1. Haruyama A, Kojima M, Kameyama A, Muramatsu T. Combined use of baking soda and electric toothbrushing for removal of artificial extrinsic stain on enamel surface: An in vitro study. J Clin Exp Dent. 2022 Jan 1;14(1):e9-e15. doi: 10.4317/jced.58708.
  2. Memutihkan Gigi dengan Soda Kue, Aman atau Tidak?, Diakses dari https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2911707/memutihkan-gigi-dengan-soda-kue-aman-atau-tidak
  3. Does baking soda whiten teeth? It can, but toothpaste is a better option — here’s why, diakses dari https://www.insider.com/guides/health/dental/does-baking-soda-whiten-teeth

Penulis: Tharisya Amiharna Kayla

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *