LATIHAN KEPEMIMPINAN MANAJEMEN MAHASISWA TINGKAT DASAR 2019

Pengembangan kemahasiswaan adalah suatu upaya yang dilakukan dengan penuh kesadaran, berencana, teratur, terarah, dan bertanggung jawab untuk mengembangkan sikap, kepribadian, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mendukung kegiatan kurikuler untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Salah satu bentuk upaya atau pengembangan tersebut adalah pemberian bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam manajemen organisasi mahasiswa. Untuk memberikan bekal dalam bidang mengelola organisasi mahasiswa di lingkungan kampus, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin (BEM FKG Unhas) kembali mengadakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD).

Kegiatan ini berlangsung selama 3(tiga) hari, termasuk pembukaan, yakni mulai hari Jumat (25/10) hingga Minggu (27/10) di Ruang Premolar FKG Unhas dan diikuti oleh 49 peserta yang telah dinyatakan lulus tahap screening. Kegiatan yang bertema “Eskalasi Progresivitas Lembaga di Era Revolusi Industri 4.0” ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kemitraan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin, Dr. drg. Eddy Heriyanto Habar, Sp.Ort(K). Dalam sambutannya, beliau memberikan berbagai wejangan tentang pentingnya mengikuti pelatihan serupa LKMM, antara lain untuk melatih jiwa kepemimpinan, membentuk karakter, mengembangkan kreativitas dalam berorganisasi, dan memberi bekal soft skill pada mahasiswa.

Melalui materi-materi yang disampaikan diharapkan peserta dalam terbekali prinsip-prinsip dasar berorganisasi dan kepemimpinan, serta terampil menyelenggarkan kegiatan kemahasiswaan dengan perencanaan yang sistematis. Secara lebih terperinci peserta diharapkan mampu memahami dasar-dasar logika; menerapkan kesadarannya dalam bernegara dan kecintaannya pada bangsa dan negara dalam berorganisasi; memahami konsep dan prinsip-prinsip dasar organisasi dan kepemimpinan; menguasai administrasi dan kesekretariatan; mampu mengambil keputusan secara tepat dan mampu mengelola konflik secara benar; dan yang terpenting sebagai mahasiswa kesehatan, peserta mampu lebih peka terhadap isu-isu kesehatan yang sedang terjadi.

Selain hal-hal di atas, melalui LKMM-TD, peserta juga dapat memperoleh ilmu tentang manajemen organisasi tingkat dasar, dimulai dari manajemen kelompok, manajemen kegiatan, manajemen waktu, hingga public speaking. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi diri peserta dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kemitraan FKG Unhas, Ketua BEM FKG Unhas, Ketua Maperwa FKG Unhas, steering committee, panitia, dan peserta LKMM-TD 2019.

 

Penulis: Beatriz Tresna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *