ADVOKASI KEBIJAKAN PUBLIK

Team Work Advokasi BEM Unhas kembali melakukan beberapa usulan kepada pihak kampus yang terkait dengan sarana dan prasarana kampus. Beberapa hal yang diajukan tentu berdasarkan dari respon yang diberikan terlebih dahulu oleh mahasiswa fakultas kedokteran gigi sendiri, respon mahasiswa tersebut yang dibuat dalam bentuk kuisioner terhadap fasilitas kampus yang ada sekarang ini.

Tentunya sebagai mahasiswa ingin terus melihat adanya perubahan yang diadakan oleh pihak fakultas untuk menunjang proses pembelajaran yang lebih baik. Pengadaan kuisioner yang dianggap efektif untuk mengumpulkan sebuah data yang akan di advokasikan kepada pihak fakultas, beberapa hal penting yang diajukan untuk dilakukannya perubahan seperti:

1. Parkiran
Parkiran di FKG khususnya parkiran motor menjadi keluhan mahasiswa dikarenakan kurang memadai. Hal tersebut diakibatkan karena banyaknya mahasiswa lain yang memarkir kendaraan sehingga menambah volume kendaraan, minimnya pengawasan dari petugas mengakibatkan kondisi parkiran menjadi sempit. Adapun respon yang diberikan oleh pihak fakultas adalah akan membenahi dengan melakukan pengadaan stiker khusus mahasiswa FKG yang akan dikoordinasikan oleh pihak petugas keamanaan, hal tersebut akan terus dikaji kembali untuk melihat keefektifannya.

2. Toilet
Sarana kedua yang menjadi keluhan mahasiswa adalah toilet yang ada dikampus, di FKG terdapat tiga toilet yang berada pada lantai satu, dua dan tiga. Namun kondisi toilet yang seharusnya membuat mahasiswa nyaman jusrtru sebaliknya memberikan keluhan dikarenakan pada toilet lantai satu kebersihan sangat buruk ditambah westafel yang bocor disertai adanya bau yang tidak sedap, sedangkan pada toilet lantai dua tidak dapat digunakan karena sering terkunci, dan pada lantai tiga, toilet juga cepat terkunci sehingga membuat mahasiswa gerah. Pihak fakultas pun sudah merespon advokasi yang telah dilakukan dan akan dilakukan pembenahan secepat mungkin.

3. Ruangan tutorial
Tutorial merupakan aktivitas yang wajib dilakukan oleh mahasiswa FKG, namun pada pelaksanaannya terkadang membuat mahasiswa tidak efektif mengikuti kegiatan tutorial karena ruangan yang tidak memadai. Respon dari fakultas pun sudah ada dan semua akan dibenahi kembali namun bersifat bertahap mengingat ruangan yang besar dan jika direnovasi membutuhkan waktu yang cukup lama.

4. Fasilitas ruangan kelas
Ruangan kelas menjadi salah satu aspek yang sangat penting untuk dilakukan pembenahan dari tahun ketahun untuk meningkatkan proses belajar mengajar, salah satu yang menjadi sorotan tidak hanya di FKG namun kampus lain adalah sampah plastik yang menjadi sorotan, sampah memang menjadi salah satu yang sulit dihindari. Oleh karena itu pihak fakultas akan melakukan pembenahan yang sangat efektif untuk mengurangi sampah plastic yakni mengadakan dispenser di tiap kelas, sehingga dengan program tersebut akan meningkatkan kesadaran kepada mahasiswa FKG untuk lebih peduli terhadap kebersihan.

Keberhasilan sebuah program yang direncankan tentu akan melibatkan beberapa pihak maka dengan itu harapan mahasiswa tentunya agar seluruh fasilitias kampus dapat digunakan dan dinikmati oleh semua mahasiswa dan tidak menyimpang dari apa yang seharusnya dijalankan, team work BEM FKG Unhas akan terus melakukan pengkajian untuk terus mengadvokasikan aspirasi dari mahasiswa untuk meningkatkan sarana dan prasarana kampus.

 

Penulis: Priscilia Y. Sole

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *