SUMPAH PEMUDA

 

Salah satu peristiwa paling bersejarah di indonesia adalah sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober disetiap tahunnya. Di dalamnya berisikan mengenai janji para pemuda Indonesia untuk mencintai tanah air, bangsa dan bahasanya yakni Indonesia. Oleh karena itu sudah seharusnya segenap rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hariSumpah Pemuda dan juga memperingati jasa para pemuda Indonesia yang telah berjuang bagi kemerdekaan Indonesia. Proses ini merupakan buah dari perjuangan para pemuda yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu. Kondisi inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup bangsa Indonesia.

Awalnya, pada Kongres I bangsa Indonesia dahulu masih bersifat kesukuan. Lalu, dilakukan pertemuan perwakilan antar daerah. Pada Kongres II, pertemuan ini membuahkan hasil dan akhirnya tercetuskanlah Sumpah Pemuda itu. Dari sinilah, benih-benih persatuan antar pemuda Indonesia tumbuh. Rumusan sumpah pemuda ditulis oleh Moehammad Yamin. Salah satu dari tiga butir deklarasi itu adalah mengenai bahasa. Karna saat itu bahasa Indonesia diresmikan menjadi bahasa negara dan menjadi bahasa persatuan dari sekian ratus bahasa daerah.

Banyak dari kita yag masih tak peduli dengan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Bahkan sampai sekarang kita masih terjajahtapi kita tidak menyadarinya. Hampir seluruh pemuda Indonesia terjajah dengan teknologi yang ada. Kita bahkan egois dengan tidak menimbang-nimbang pendapat orang lain di sekitar kita dan mengabaikan eksistensi yang ada. Kita berpikir, apa yang kita lakukan adalah hal yang terbaik. Jika kita tidak memperbaikinya mulai dari sekarang apa yang akan terjadi pada generasi pemuda selanjutnya?. Para pemudaku, jadikanlah bangsa Indonesia bangsa yang pondasinya kuat karena pemuda di dalamnya bersatu untuk menjadikan Indonesia lebih baik dari sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *