Ekstrakurikuler sebagai Layanan Pendidikan

Pendidikan merupakan suatu faktor yang sangat penting dalam kehidupan setiap individu karena menjadi wadah untuk meningkatkan kecerdasan intelektual, potensi diri, keterampilan serta dapat membentuk pribadi yang bertanggung jawab. Ekstrakurikuler dapat menjadi wadah dalam memperoleh pendidikan di luar mata pelajaran formal yang melatih softskill berdasarkan bakat dan minat seseorang.

Berdasarkan perkembangan yang dibutuhkan mahasiswa dalam tiap harinya, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin mengadakan ekstrakurikuler yang diperuntukan bagi mahasiswa untuk terus membentuk potensi diri yang dapat dijadikan sebagai kegiatan postif dengan memfasilitasi minat dan bakat keluarga mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin.. Selain itu, ekstrakurikuler yang diadakan merupakan langkah nyata dalam layanan pendidikan, menghasilkan mahasiswa yang dapat berkontribusi terhadap diri sendiri, keluarga dan bangsa.

Ekstrakurikuler pada Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin, diadakan setiap minggu pada hari jum’at dan sabtu, dengan berbagai unit yang diwadahi seperti olahraga bulutangkis, futsal, basket, tenis meja, seni tari serta fotografi. Ekstrakurikuler diadakan di kampus, tetapi untuk ekstrakurikuler seperti olahraga futsal dan basket diadakan di luar wilayah kampus dikarenakan memerlukan tempat yang lebih luas. “Ekstrakurikuler diadakan dengan harapan, agar mahasiswa dapat mengembangkan minat dan bakatnya di luar bangku kuliah serta memenuhi mata kuliah kokurikuler,” terang Erwin Gunawan sebagai Ketua Bidang IV Badan Mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin.

Banyak hal positif yang bisa didapatkan dari ektrakulikuler, bagi Andi Isma Nadia sebagai keluarga mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler berbendapat bahwa, “Ekstrakurikuler dapat menjadi sarana yang sangat bermanfaat seperti mengembangkan bakat serta menjalin relasi kekeluargaan dengan berbagi angkatan.”

Dari berbagai kegiatan ekstrakurikuler, diharapkan mahasiswa dapat merasakan efek yang diperoleh dengan mengisi waktu luang untuk hal yang bermanfaat tanpa melupakan tugas utama mahasiswa dalam menimbang ilmu di bangku kuliah.

Jiwa yang sehat terdapat dalam raga yang kuat. Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *