Latihan Dasar II sebagai Metode Regenerasi Kader

Sarana untuk memberikan pengetahuan serta pendidikan dalam pembentukan karakter adalah melalui organisasi. Pada jenjang pendidikan tinggi yakni perguruan tinggi, LD dikenal dengan nama Latihan Dasar bisa menjadi ajang orientasi dalam membentuk karakter, memiliki peran untuk melakukan pembinaan intelektual dan mental mahasiswa. Latihan dasar (LD) merupakan suatu kegiatan rutin yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin di setiap tahunnya yang terdiri dari Latihan Dasar I dan Latihan Dasar II. Kegiatan ini diadakan untuk menyambut kedatangan para mahasiswa baru yang bergabung menjadi bagian dari prodi Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin.

Kegiatan Latihan Dasar yang diselenggarakan merupakan program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Bidang I Pendidikan dan Pelatihan dengan harapan dapat memenuhi tujuan sesuai SOP. Tujuan dari Latihan Dasar II yaitu; Mengarahkan dan membimbing mahasiswa baru dalam beradaptasi dengan lingkungan kampus, menumbuhkan semangat bermahasiswa, terwujudnya hubungan yang harmonis antara Keluarga Mahasiswa FKG Unhas dan Mahasiswa baru serta melakukan identifikasi potensi kader.

Kegiatan Latihan Dasar II direncanakan akan dilaksanan pada bulan oktober 2018  mendatang di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin, dengan peserta yang merupakan mahasiswa baru angkatan 2018 yang dinyatakan telah Lulus Latihan Dasar I. “Melalui ajang ini diharapkan dapat menjadi metode untuk dilakukannya regenerasi kader untuk melanjutkan kepengurusan lembaga dimasa mendatang,” tutur Haritza Maruf sebagai anggota Bidang I Badan Eksekutif Mahasiswa. Selain itu juga menurut anggota Bidang I lainnya, A. Umar Jufri “Saya berharap dengan dilaksanakannya LD II, mahasiswa baru dapat beradaptasi di lingkungan kampus dan menumbuhkan semangat bermahasiswa. Adaptasi awal bagi mereka menjadi hal yang krusial karena akan menentukan banyak hal dalam kehidupan berkemahasiswaannya mulai dari konsep belajar, menentukan sikap hingga cara bergaul. Di sisi lain, semangat bermahasiswa juga melandasi identifikasi potensi-potensi bakat dan minat belajar mahasiswa baru sehingga kedepannya mereka dapat bersaing secara lokal bahkan global sebagai seorang agent of change.

Semoga Kegiatan Latihan Dasar II dapat dilaksanakan dengan lancar, melahirkan mahasiswa yang kaya identitas, tinggi kreativitas dan berhamburan militansi.

Semangat Berlembaga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *